Pegasus

Pegasus adalah kuda bersayap dalam mitologi Yunani dan menjadi simbol untuk penerbangan, kekuatan, dan inspirasi.

Kata Yunani yang terkait dengan Pegasus dapat dihubungkan dengan “sesuatu yang bercahaya” dan gagasan tentang “melompat keluar”.

Pegasus sering dikaitkan dengan Muses dan merupakan pembawa cahaya untuk Zeus, sehingga bisa dimaknai sebagai simbol yang mewakili kilatan inspirasi, terutama dalam seni.

Konsep kuda bersayap mungkin berasal dari mitologi Mesir dan dengan demikian mendahului mitos Yunani, meskipun pegasi (bentuk jamak pegasus) dipandang tetap unik dari Yunani.

Mitos paling umum tentang penciptaan Pegasus menyatakan bahwa dia diciptakan dari darah Medusa setelah pemenggalannya oleh Perseus.Versi lain menyatakan bahwa Pegasus merupakan putra Poseidon dengan Medusa, dan bersaudara dengan Chryasaor, makhluk yang berwujud raksasa.

Sedangkan mitos bahwa Pegasus diciptakan oleh Zeus sebagai teman pendamping untuk Hercules merupakan karangan Disney belaka untuk film kartun Hercules mereka. Pegasus sering dihubungkan dengan dua pahlawan (hero) Yunani yaitu Perseus dan Bellerophon.

Sebagian mitos menyatakan bahwa Athena memberikan Pegasus kepada Bellerophon sebagai hadiah setelah berhasil menjinakkannya. Legenda lain menyatakan bahwa Bellerophon adalah yang menemukan Pegasus sekaligus menjinakkannya. Bellerophon dan Perseus dikatakan mendapatkan bantuan Pegasus saat mengalahkan Chimera dan Amazon.

Setelah membantu para pahlawan tersebut, Pegasus dikatakan tinggal di Gunung Olympus untuk melayani Zeus atau bertugas sebagai tunggangan untuk dewi fajar, Eos. Pegasus menikah dengan Euippe untuk kemudian memiliki anak dan memulai garis keturunan kuda terbang. Pegasus bukanlah makhluk abadi, tapi Zeus menghormati pelayanan yang telah diberikan Pegasus dengan menempatkannya diantara bintang-bintang.

Itu sebab, kita bisa mengamati rasi bintang pegasus di langit malam cerah yang membentuk persegi, dengan garis-garis yang mengarah keluar dari kiri atas dan kanan bawah yang menyerupai kuda yang sedang merumput.

Categories: Share

1 comments: